unggul, inklusif dan humanis

serviens in lumine veritatis

bukan ilmu semata

KULIAH KERJA NYATA SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2013/2014 UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA
Dipublikasi: January 28, 2014 - Kategori: agenda

Pembekalan Mahasiswa Sebelum Penerjunan KKN

Pelatihan Memasak sebagai bekal Mahasiswa KKN

 

Penerjunan KKN oleh Rektor UAJY Bapak Dr. R. Maryatmo, MA., didampingi Ketua LPPM Bapak Dr. Ir. Y. Djarot Purbadi, MT., dan Koordinator Lapangan KKN Bapak  Ir. Y. Hendra Surya Darma, MT.

 

Pembukaan Pameran Hasil KKN  Mahasiswa oleh Wakil Rektor I,  Bapak  Ir. Ign. Pramana Yuda., M.Si., Ph.D. dan oleh Camat Purwosari 

 

Pameran Hasil KKN Mahasiswa

Pameran Hasil KKN  Mahasiswa

 

 

KKN Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada Semester Gasal Tahun Akademik 2013/2014 dengan peserta berjumlah 879 mahasiswa dan dibagi dalam 97 kelompok tersebar 12 Desa yang ada di Kecamatan Panggang, Purwosari, dan Samigaluh. Para Mahasiswa telah menggali ilmu di tengah masyarakat khususnya di Pedukuhan di mana mereka tinggal dan semua peserta dapat menyelesaikan kegiatan dengan baik.

Dalam perencanaan program kerja, peserta Kuliah Kerja Nyata telah dilatih cara menganalisa dan memecahkan permasalahan yang ada sesuai dengan karakteristik/potensi daerah. Kemudian selama 1 bulan di lokasi Kuliah Kerja Nyata mahasiswa telah bekerjasama dengan Pedukuhan, Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan dan beberapa Instansi/Dinas di Kabupaten tempat mahasiswa KKN, yaitu Kabupaten Gunung Kidul, dan Kabupaten Kulon Progo dan tentu saja bersama masyarakat telah menghasilkan program-program berupa :

A. Program Kerja Unggulan :
• Pemetaan Potensi Dusun
• Pembuatan Peta Monografi
• Pendataan Kondisi Perekonomian Keluarga
• Pembuatan Proposal ke Propinsi DIY
• Posdaya

B. Program Wajib :
• Bidang Pendidikan (PAUD dan Bimbingan Belajar)
• Bidang Kesehatan (Posyandu)
C. Program Kelompok :
• Bidang Ekonomi dan Produksi
1. Berbagai olahan Makanan dari lele, talas, tempe, jahe, cengkeh, pisang, melinjo, singkong
2. Berbagai Kerajinan seperti kerajinan dari kain flannel, kerajinan cengkeh, pelatihan kemasan, kerajinan anyaman, pembuatan sapu ijuk & sapu lidi, kerajinan dari batok kelapa, kerajian rajut, dan boneka dari serbuk kayu.
3. Pembuatan berbagai pupuk seperti pupuk cair, kompos bokashi, kompos kandang.
4. Pengelolaan Bank Sampah.
5. Pembuatan Minyak Kelapa.
6. Pemanfaatan Limbah Jerami.
• Bidang Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan :
Budidaya Azola Pinota, Penyuluhan jamur, Penyuluhan & Budidaya Lele, Penyuluhan Budidaya Kambing PE, Penyuluhan Hama Tanaman Sengon, Budidaya Tanaman Sayur, dan Penyuluhan Baby Buncis.
• Bidang Teknologi Tepat Guna :
Biopori dan Tabulapot.
• Disiplin Ilmu :
Penyuluhan Kanker, Penyuluhan Kesehatan Reproduksi, Penyuluhan MCK, Penyuluhan Rumah Sehat, Penyuluhan Kesehatan Lansia, dan Penyuluhan Safety Riding.
• Bidang Administrasi dan Kependudukan :
Penyuluhan Sertifikat Tanah, Sensus Penduduk, dan Administrasi Buku Induk.

Untuk menjaga kedisiplinan dan keseriusan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata maka dilakukan pengawasan-pengawasan yang ketat. Hari-hari terakhir pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata banyak ditandai dengan penyusunan laporan dan acara pameran hasil karya mahasiswa Kuliah Kerja Nyata.

Cukup banyak kegiatan yang telah kami lakukan dan cukup banyak pengalaman yang diperoleh mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata. Semoga yang telah dilakukan oleh peserta Kuliah Kerja Nyata dapat dijadikan momentum untuk pemberdayaan masyarakat, dan semoga program tersebut dapat dilanjutkan secara mandiri oleh masyarakat setempat.