unggul, inklusif dan humanis

serviens in lumine veritatis

bukan ilmu semata

LPPM UAJY MENDAMPINGI KELOMPOK BANTIK KARANG GUNUNGKIDUL STUDI BANDING KE BATIK AYU ARIMBI SLEMAN
Dipublikasi: March 11, 2017 - Kategori: berita, pengumuman

Kamis, 9 Maret 2017 Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Atma Jaya Yogyakarta menyelenggarakan pendampingan kelompok batik Padukuhan Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul yang melakukan studi banding ke kelompok batik Ayu Arimbi yang berada di Padukuhan Plalangan Pandowoharjo Sleman.

Dalam kunjungan tersebut Kepala Dukuh Plalangan Bapak Jamaludin menyampaikan semoga silahturahmi  ini dapat dipakai sebagai sarana persaudaraan dan tukar pengalaman. Jamaludin juga menjelaskan bahwa seiring berjalannya waktu batik Plalangan semakin banyak order sehingga mampu mengangkat ekonomi warga mereka yang kurang mampu. Peningkatan order juga mereka upayakan seimbang dengan peningkatan kualitas berupa konsistensi penggunaan pewarna alami.

Ketua rombongan dari Padukuhan Karang Sukirno Menyampaikan terimakasih atas kesediaan kelompok bantik Ayu Arimbi menerima rombongan kelompok batik padukuhan karang. Dalam kesempatan itu Ketua LPPM Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak., CA., memperkenalkan dosen-dosen UAJY yang berkompeten dalam pendampingan pemberdayaan masyarakat dari Pusat Studi Kewirausahaan Prof. Dr. MF. Sheellyana J., SE., M.Si. dan Diah Widiastuti, SE., M.Si., dari PUSHAM Surya Adi Pramana, SIP., M.Si., dari Program Studi Arsitektur Ir. Suhodo Tjahyono, MT., dari Teknik Informatika  Irya Wisnubhadra, ST.,MT. dan dari Teknik Sipil sekaligus Wakil  Ketua LPPM Ir. Hendra Suryadharma, MT.

Dalam kunjungan tersebut juga di lakukan pelatihan batik yang dilakukan oleh tim batik Ayu Arimbi yang diketuai oleh Sri Arumiyati.